22.1.10

Investasi di ruko atau rukan

Kelebihan berinvestasi ruko/ rukan.

  1. Permintaan tinggi terhadap ruko dan rukan, terutama di kawasan bisnis, perdagangan, dan entertainment. Di kawasan-kawasan seperti ini, ruko dan rukan bisa menjadi pendukung ekonomi.

  1. Jangka waktu penyewaan menengah, antara dua tahun dan tiga tahun. Dengan  jangka waktu tersebut penyewa akan menikmati laba dari usahanya di ruko tersebut.

  1. Capitalization rate ruko/rukan berkisar 8 persen sampai 9,5 persen. Tingkat pengembalian investasi di sektor ruko dan rukan lebih besar dibandingkan rumah sewa.

Kekurangan berinvestasi ruko/rukan?

  1. Sifatnya yang peka terhadap krisis ekonomi.  Jika pada suatu saat keadaan ekonomi memburuk, bisa jadi sebagian penyewa ruko atau rukan akan menghentikan aktivitas perdagangannya.

  1. Prospek bisnisnya sangat tergantung dari lokasi di mana ruko atau rukan ini berada. Ruko adalah salah satu produk properti yang sangat tergantung pada keramaian. Sebaliknya, ada juga pengembang ruko atau rukan yang kurang memperhatikan faktor lokasi di mana proyek tersebut dibangun sehingga kemungkinan besar ruko tersebut akan kosong.

Ruko: rumah toko
Rukan : Rumah kantor